Kamis, 17 Juli 2008

Practice makes perfect


14-16 July kemarin, saya di-assign untuk mengikuti training 'High Impact Presentation' yang diadakan oleh Dale Carnegie training untuk perusahaan dimana saya bekerja. Selama 3 hari itu, saya dan 14 rekan lainnya, diharuskan membawakan minimal 2 kali presentasi yang berbeda-beda topiknya dan kita buat sendiri setiap harinya. Setiap presentasi yang kita lakukan dihadapan kelas, akan direkam dan direview saat itu juga, sehingga kita bisa mengetahui kekurangan dan atau kelebihan kita dalam membawakan presentasi.

Sejujurnya, saya sempat menganggap enteng pelatihan ini, karena sebagai seorang sales saya merasa sudah terbiasa melakukan presentasi, bahkan dihadapan orang yang baru saya kenal. Ternyata, melakukan presentasi dengan baik dan benar itu tidak mudah. Dibutuhkan latihan yang berulang-ulang dan konsisten agar presentasi kita menjadi sangat baik. Pelatihan 3 hari saja tidak akan pernah cukup untuk menjadikan kita seorang master dalam hal presentasi.

Berlatih. Itulah kuncinya. Hal ini berlaku untuk semua hal. Olahraga. Menulis. Main musik. Menyanyi. Mengendarai kendaraan. Meditasi. Pokoknya semua hal. Apabila kita ingin menjadi seorang ahli atau master atau ingin mencapai kesempurnaan, tidak ada jalan lain, kecuali berlatih dengan tekun, terus-menerus. Bakat besar tanpa latihan tidak akan berguna. Dengan berlatih, maka kegiatan yang kita lakukan secara sadar, akan di-take over oleh pikiran bawah sadar. Sehingga kita akan melakukan kegiatan tersebut secara otomatis.

Let's practice, because practice makes perfect...

Tidak ada komentar: