Kamis, 10 Juli 2008

Lakukan sekarang juga, jangan menunda

Kemarin, Rabu 9 Juli 2008, saya bertemu pertama kali dengan salah satu ahli perencana keuangan dan juga penulis buku 'How to become richer', bp. Freddy Pieloor, dan beberapa rekan milis SSR dalam acara santai (non formal) yang khusus diadakan untuk 'membedah' produk yang saat ini sedang banyak dibicarakan orang yaitu 'unit link' sebagai salah satu produk asuransi yang membundling antara proteksi dengan investasi.

Tapi jangan salah sangka, saya tidak akan membahas mengenai acara tersebut, ataupun masalah 'unit link' itu sendiri. Saya justru akan membahas salah satu yang kami bicarakan (kebetulan saya datang pertama kali, sehingga bisa berbincang lebih awal dengan beliau), yaitu lakukan sekarang juga.

Saat itu saya menanyakan mengenai 'sejarah' beliau menulis, yang kalau saya ceritakan disini mungkin akan terlalu panjang. Intinya adalah dia menulis pada saat inspirasi datang. Tidak perduli kapan, dimana, kenapa, bahkan dengan siapa. Dimana dia mendapat inspirasi, dia akan segera menuliskannya, minimal garis besarnya dulu. Kalau waktunya memungkinkan, baru dia jabarkan secara lebih mendetail. Apabila ditunda, dijamin inspirasinya bisa hilang.

Saya juga sering sekali tiba-tiba mendapat inspirasi yang bagus, tapi mata sedang nggak bisa diajak kompromi, badan sedang capek, laptop sedang mati, sedang melakukan kegiatan lain, dll. Pokoknya adaaaaaaaa saja alasan yang bikin inspirasi tersebut akhirnya terkubur dalam-dalam. Dan kalau sudah terkubur, maka bisa dipastikan akhirnya inspirasi tersebut akan sulit untuk keluar lagi. Dan kita kehilangan potensi besar...

Hal tersebut bukan hanya terjadi pada bidang tulis-menulis saja. Sangat bisa diaplikasikan pada segala bidang. Pekerjaan. Bisnis. Pertemanan. Rumah Tangga. Pokoknya apapun. Jadi saat anda merasa akan melakukan sesuatu, lakukan saja sekarang, jangan menunda. Anda tidak akan pernah tahu sampai anda melakukannya.

Tidak ada komentar: