Rabu, 04 Juni 2008

Hal yang tidak berubah adalah Perubahan

Dunia berubah setiap Minggu. Setiap hari. Setiap jam. Bahkan setiap detik. Dan itu adalah suatu hal yang tidak dapat kita rubah. Ciri orang sukses adalah orang yang mampu mengatasi perubahan yang terjadi di sekelilingnya dan mengambil manfaat atas perubahan tersebut. Dan orang harus kreatif agar dapat mengambil peran utama atau hanya akan menjadi pengikut saja. Kita harus terus belajar mengantisipasi setiap perubahan yang tejadi.

Contoh perubahan yang sangat cepat adalah, ditemukannya internet. Dahulu, Pada saat internet belum ada, komputer masih berdiri sendiri. Kalaupun terhubung, biasanya hanya antara beberapa komputer saja, itupun sepanjang kabel terhubung. Sekarang setiap komputer bisa terhubung antara satu dengan yang lainnya. Melalui internet. Informasi menjadi tanpa batas. Dunia berakselerasi dengan cepat. Apa yang terjadi di satu belahan dunia, dapat langsung diketahui oleh belahan dunia lainnya. Dunia berubah secara drastis.

Setiap perubahan, pasti memiliki resiko. Apabila kita berada di comfort zone kita dan berusaha keluar dari sana, maka bisa dipastikan kita akan berhadapan dengan yang namanya resiko. John Young (seorang astronot Amerika yang turut dalam misi Apollo 13) mengatakan sbb: “Perubahan selalu mengandung resiko. Resiko bahkan lebih besar bila anda justru tidak berubah“.

Ketika kita mencoba untuk bertahan dengan hal-hal yang lama, tidak mau berubah sementara dunia sekitar kita berubah. Maka kita akan dengan mudah tergilas ataupun terpinggirkan, dengan kata lain resiko yang kita akan terima justru akan lebih besar. Konsekuensi yang akan kita terima akan lebih berbahaya. Jadi siapkah kita belajar dan terus mengembangkan sikap kreatif, agar kita tidak menjadi orang yang ber-resiko tinggi?

Tidak ada komentar: