Selasa, 27 Mei 2008

Pantang menyerah

Dalam salah satu episode talkshow ”Oprah” dimana sebagai bintang tamunya adalah Professor Randy Pausch, seorang professor dan penulis buku the last lecture yang menderita kanker pankreas dan divonis oleh dokter hidupnya tidak lama lagi, alih-alih menyerah dan menyalahkan keadaan, dia malah bersemangat dan terus mengembangkan sikap positif. Alih-alih mengeluh, dia malah bekerja lebih keras.

Dia adalah salah satu contoh hebat untuk seseorang yang tidak pernah menyerah dan terus berjuang sampai akhir. Kebanyakan manusia akan stress, takut, cemas, merasa tidak berguna, dan hal-hal negatif lainnya apabila mendengar dirinya divonis seperti itu. Dalam sisa hidupnya, dia melakukan banyak hal yang bisa memotivasi dirinya, keluarganya bahkan orang lain. Dia memaksa dirinya untuk hidup secara maksimal, sehingga kehidupannya berarti bagi orang lain dan bagi dirinya sendiri.

Dia berpendapat bahwa kehidupan adalah 10 % putih, 10 % hitam dan 80 % abu-abu. Kita memilih apakah yang 80 % tersebut akan kita jadikan putih ataukah malah hitam. Dia sendiri memilih menjadikan 80 % abu-abu tersebut menjadi putih dengan hidup secara positif. Dengan hidup menjadi bunga bagi orang lain, daripada menjadi benalu bagi orang lain.

Dia bisa. Banyak orang lain bisa. Kitapun pasti bisa….

Tidak ada komentar: