Selasa, 27 Mei 2008

Berhubungan baik dengan orang lain

Masih tentang Randy Pausch, kali ini dalam berhubungan dengan orang lain. Beliau memiliki prinsip sbb:

Bekerja dan bermain secara baik dengan orang lain

  1. Berkata dan berlaku jujur
  2. Meminta maaf
  3. Tunggu dan orang akan menunjukkan sisi baik mereka

Berkata dan berlaku jujur adalah dasar dalam membina hubungan yang baik dengan orang lain. Tidak ada seorangpun yang suka dibohongi. Katakan dengan jujur, walaupun hal tersebut akan terasa pahit atau tidak menyenangkan. Percayalah, hal tersebut akan membuat perasaan kita lebih lega, apabila mengatakannya. Dan orang lainpun akan lebih menghargai kita.

Meminta maaf. Banyak sekali orang yang tidak terlatih untuk meminta maaf. Alasannya bisa macam-macam, karena gengsi, karena merasa tidak bersalah, karena takut tidak diterima, dll. Padahal, apabila kita meminta maaf, orang lain akan jauh menghargai kita. Mereka akan lebih menghormati kita sebagai orang yang bermartabat.

Setelah melakukan kedua hal tersebut, tunggu saja dan orang akan menunjukkan sisi baik mereka. Hubungan kita dengan orang lainpun akan lebih baik, karena dilandasi oleh saling pengertian.

Selain itu, Randy Pausch, mengatakan agar kita hidup ceria setiap hari. Dengan hidup ceria, kita akan dikelilingi oleh orang-orang yang baik. Orang-orang akan membantu kita dan tiba-tiba segalanya akan menjadi lebih mudah.

Tidak ada komentar: