Senin, 19 Mei 2008

Mens Sana in Corpore Sano

Ungkapan ini sudah sering saya dengar dari kecil, semenjak saya masih di sekolah Taman Kanak Kanak (jaman saya, play group kayaknya belum ada. hehehehe). Yang artinya kurang lebih adalah: Didalam tubuh yang kuat, terdapat jiwa yang sehat.

Kalau kita ingin memiliki jiwa yang sehat, maka salah satu caranya adalah dengan memiliki tubuh yang kuat dan sehat. Bagaimana caranya mempunyai tubuh yang kuat? Berolahragalah dengan rutin dan cukup waktunya.

Berbagai penelitian yang dilaporkan dalam pertemuan Society for Neuroscience menunjukkan bahwa orang yang melakukan jogging secara rutin mampu belajar dan mengingat lebih baik daripada mereka yang tidak melakukannya. Berapa lama sebaiknya jogging dilakukan? Penelitian di Universitas Nihon Fukushi, Nagoya, Jepang menyatakan bahwa jogging rutin sebanyak 3 kali seminggu dengan masing-masing selama 30 menit sudah cukup untuk meningkatkan prestasi manusia. Namun prestasi tersebut bisa kembali melorot apabila latihan olahraganya dihentikan sama sekali.

Dari berbagai penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa orang rutin berolahraga tubuhnya akan kuat. Dan orang yang tubuhnya kuat akan memiliki otak yang lebih sehat juga. Dan otak yang sehat sama artinya dengan memiliki jiwa yang sehat...

Tidak ada komentar: